TEKINDHAN

MONITORING ToT RUDAL NASSAM MISSILE KNOWLEDGE COURSE (MKC) DALAM RANGKA PELAKSANAAN OFFSET PENGADAAN RUDAL PAM IBUKOTA

Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan sebagai pembina teknologi Industri Pertahanan dalam melakukan peningkatan kemampuan Industri Pertahanan   dengan  melaksanakan program offset dari pengadaan Alpalhankam dari Luar Negeri .

Kasubdit Imbal Dagang Kandungan Lokal dan Offset (IDKLO) mewakili Dirtekindhan melaksanakan monitoring dan evaluasi serta memberikan pengarahan dan motivasi pada peserta kursus Missile Knowledge Course (MKC) dari pengadaan Rudal Pam Ibu Kota produk Nassam dari Kongsberg Norwegia. Kursus dilaksanakan dari tanggal 3 s.d 14 Februari 2020 bertempat di Training Center PT  DI.

Salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan Alpalhankam bagi pengguna adalah dengan cara membangun dan mengembangkan Industri Pertahanan agar Industri Pertahanan menjadi maju, kuat mandiri dan memiliki daya saing. Langkah yang diambil pemerintah  salah satunya dengan menetapkan 7 program prioritas antara lain berupa pengembangan Rudal Nasional. Untuk memenuhi teknologi rudal tersebut selain melalui litbangyasa juga dengan pemanfaatan program Ofset pengadaan  Alpalhankam luar negeri antara lain pengadaan Rudal Pam Ibukota dari Kongsberg Norwegia.

Kegiatan Ofset berupa ToT ini  diikuti sebanyak 20 personel yang terdiri dari Personel Dislitbangau sebanyak 2 org, Kohanudnas sebanyak 2 org, PT. DI sebanyak 5 org, PT. Pindad sebanyak 5 org, PT. Len sebanyak 3 Org dan PT. Datareka Integrasia sebanyak 3 org. Adapun target dari kegiatan Missile Knowledge Course adalah agar peserta dapat memahami  Knowledge Regarding Design, Flight Performance  And The Missile Development Process

Dalam kesempatan ini Kasubdit IDKLO menekankan kepada peserta agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh rasa tanggungjawab, mendokumen-tasikan seluruh ilmu yang diberikan oleh pemberi materi, menggali sebanyak-banyak teknologi tentang rudal dr pemberi materi. Hal tersebut perlu disampaikan karena peserta merupakan orang-orang terpilih dari instansinya masing-masing dan nantinya merupakan tulang punggung dalam membangun dan mengembangkan rudal nasional sesuai kompetensinya masing-masing.

Materi ToT disampaikan oleh Mr. Eugene Fleemman dari Kongsberg dengan materi terdiri dari Missile Knowledge Course, Missile Transfer of Technology dan Tactical Software Components pada On the Job Training (OJT) di Norwegia  yang rencananya  akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Kegiatan di akhiri dengan Penandatangan Pakta Integritas oleh peserta dari industri pertahanan serta penyerahan Certifikat of Compliance  kepada seluruh peserta.

Related posts

Menhan Minta Industri Pertahanan Swasta Nasional Dukung Kemhan Wujudkan Kemandirian Industri Pertahanan

admin

MONEV ToT PROGRAM OFFSET PENANGKIS SERANGAN UDARA (PSU) OERLIKON SKY SHIELD

M. Roihan Hanafi

FOCUS GROUP DISCUSSION KAPAL SELAM

Ayif Achmad

Leave a Comment