SUMDAHAN

SARASEHAN PENATAAN SDAB SEBAGAI LOGWIL KOMDUK PERTAHANAN NEGARA DI PROV. KALIMANTAN TIMUR

Direktorat Komponen Pendukung Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan Sarasehan Penataan Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB) sebagai Logistik Wilayah Komponen Pendukung Pertahanan Negara pada hari Kamis tanggal 25 April 2019 bertempat di Ruang Rapat Bina Bangsa Badan Kesbangpol Kaltim, Gedung B lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim Kota Samarinda.

Kegiatan Sarasehan dibuka secara resmi oleh Kaban Kesbangpol Prov. Kaltim Bapak Yudha Pranoto dan diikuti oleh 75 orang peserta terdiri dari pejabat eselon III dan IV Satuan KerjaPerangkat Daerah (SKPD) Prov. Kaltim terkait antara lain Dinas PU, Penataan Ruang & Perumahan Rakyat; Dinas Perindag, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah; Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura; Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan; Dinas Kelautan dan Perikanan; Dinas Perkebunan; Dinas Kehutanan; Dinas Lingkungan Hidup; Dinas Perhubungan; Badan Kesbangpol; BPBD; Kantor PLN; Perum BULOG Subdivre Samarinda; Perusahaan Industri Obat dan Alat Kesehatan; LPP TVRI Kaltim, LPP RRI Samarinda dan Aparat TNI dari Korem 091/ASN.

Turut hadir dalam acara pembukaan Kepala Bapeda Prov. Kaltim, Sekretaris Badan Kesbangpol Prov. Kaltim Bapak Drs. Deni Sutrisno, Msi

Kegiatan ini diawali dengan bacakan Sambutan Gubernur Kalimantan Timur yang di sampaikan oleh KabanKesbangpol Prov. Kalimantan Timur Bapak Yudha Pranoto menyampaikan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya Sarasehan ini, semoga dengan adanya Sarasehan ini kita dapat memahami secara baik dan menyeluruh mengenai Penataan Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB) sebagai Logistik Wilayah Komponen Pendukung Pertahanan Negara ini, serta berharap agar peserta Sarasehan dapat berpartisipasi aktif dalam memberikan saran dan masukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Adapun sambutan Dirjen Pothan Kemhan yang dibacakan oleh Direktur Komponen Pendukung Ir. Tristan Soemardjono, M.M. menyampaikan bahwa penyiapan logistik wilayah memerlukan proses dan waktu yang cukup panjang dan berkelanjutan karena penyiapan logistik harus mampu menyediakan barang–barang yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat dan diberikan kepada orang-orang yang tepat secara berkelanjutan/berkesinambungan sesuai dengan strategi, operasi dan taktik yang dijalankan dalam suatu operasi militer. Peran penting lain dari logistik wilayah adalah bahwa logistik dapat menjadi sasaran strategi, operasi dan taktik untuk dilumpuhkan oleh lawan. Betapapun besar kekuatan tentara di medan perang, bila tidak didukung oleh logistik yang baik, akan mudah dilumpuhkan tanpa ada pertempuran di darat, laut dan udara, oleh sebab itu penyiapan logistik wilayah tidak bisa diabaikan, harus dipersiapkan secara dini di dalam sistem pertahanan negara yang bersifat semesta.

Kegiatan Sarasehan secara resmi ditutup oleh Dirkomduk Ditjen Pothan Kemhan, Ir,Tristan Soemardjono, MM.

Related posts

PEMBERDAYAAN SDM KOMPONEN PENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA

admin

FGD TENTANG SARANA DAN PRASARANA NASIONAL UNTUK KOMPONEN PENDUKUNG MATRA UDARA DENGAN MABES TNI AU

wy-datin

KEGIATAN FGD TENTANG SARANA DAN PRASARANA NASIONAL KOMPONEN PENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA DI MABES TNI TH. 2019

admin

Leave a Comment